Perbedaan Diantara Media Sosial yang Seharusnya Kamu Sudah Tau

Media sosial selalu berubah.

Selalu ada cara gila baru orang bisa mendokumentasikan setiap aspek kehidupan mereka, tetapi bagaimana jika Anda seorang bisnis?

Dengan begitu banyak situs media sosial di luar sana dan bahkan semakin banyak bermunculan setiap hari, di mana Anda mulai? Apakah Anda membuat akun Facebook atau apakah Anda menggunakan "Pinterest baru" apa pun hari ini?

Memanfaatkan media sosial dalam strategi bisnis Anda adalah salah satu cara terbaik untuk mendapatkan nama Anda di luar sana. Ini cara yang bagus untuk memasarkan layanan, produk, dan membantu meningkatkan merek Anda.

Tidak hanya itu, ini memberi Anda kesempatan untuk terhubung dengan penggemar, pelanggan, dan calon pelanggan pada tingkat yang lebih pribadi dan manusiawi.

Apakah Anda siap terjun ke laut dalam media sosial? Di bawah, kami akan memecah setiap platform dan membantu Anda mempelajari cara memanfaatkannya untuk bisnis Anda.

Facebook

Perbedaan antara Facebook, Twitter, Linkedin, Google+, Youtube, Pintrest


Dengan sekitar 2,38 miliar pengguna aktif bulanan di seluruh dunia hingga April 2019, Facebook adalah salah satu platform paling populer, tidak hanya untuk penggunaan pribadi tetapi juga untuk bisnis.

Untuk bisnis, Facebook adalah tempat untuk berbagi foto, pembaruan, dan berita umum dengan mereka yang mengikuti atau "menyukai" Anda. Penggemar bisnis Anda datang ke halaman Facebook Anda untuk mencari tahu apa yang terjadi dengan perusahaan Anda, melihat gambar apa yang sedang terjadi, atau menjelajahi acara.

Cara menggunakan Facebook untuk pemasaran

Penting untuk memulai dengan membangun fanbase Anda di Facebook. Publikasikan halaman Anda dan poskan tautan ke sana di mana saja Anda bisa, termasuk menambahkan ikon sosial ke situs web Anda.

Setelah Anda membuat pengikut yang kuat, penting untuk menggunakan pembaruan status atau foto untuk membagikan produk, penawaran, layanan Anda. Anda juga harus memposting hal-hal yang membuat audiens Anda terlibat dengan posting Anda.

Hal-hal yang akan mereka klik, “sukai,” komentari, dan bagikan. Semakin banyak orang terlibat, semakin sering Anda muncul di garis waktu orang lain.

Penting untuk diingat bahwa banyak yang menggunakan Facebook sebagai jaringan pribadi untuk terhubung dengan teman atau orang yang mereka cintai. Merek Anda harus sesuai dengan suasana ini secara alami untuk membuat orang tertarik pada apa yang Anda posting. Jadi jangan membuatnya hanya tentang penjualan.

Alat untuk memanfaatkan: Iklan

Facebook adalah salah satu platform periklanan online terlengkap saat ini.

Ini menggunakan grafik dan aktivitas sosial untuk menunjukkan dengan tepat mereka yang termasuk dalam demografi pembeli Anda, membuat Iklan Facebook sangat efektif. Iklan Facebook lebih cenderung menghasilkan arahan kuat yang benar-benar mencari layanan Anda.

Mereka membantu memastikan anggaran iklan Anda tidak disia-siakan bagi mereka yang tidak benar-benar tertarik dengan apa yang Anda tawarkan dan membantu meletakkan produk atau layanan ke tangan orang yang ingin atau membutuhkannya.

Twitter

Perbedaan antara Twitter


Twitter adalah cara cepat, ringkas, dan mudah untuk terhubung dengan audiens Anda. Dengan lebih dari 310 juta pengguna terdaftar (dan terus bertambah), Twitter adalah lautan informasi dengan 140 karakter atau kurang konten yang menunggu untuk dibaca, diklik, diikuti, dan di-tweet.

Cara menggunakan Twitter untuk pemasaran
Twitter menghasilkan lebih dari 175 juta tweet setiap hari dan memungkinkan Anda untuk berbagi informasi dan foto dengan cepat dalam upaya mendorong orang kembali ke situs atau halaman arahan Anda. Anda hanya mendapatkan sejumlah kecil karakter, jadi buat mereka masuk hitungan!

Saat memasarkan di Twitter, Anda perlu memiliki konten yang cukup menarik bagi orang untuk berhenti dan mengklik. Orang-orang biasanya menggulir dengan cepat sehingga dibutuhkan lebih dari sekedar teks sederhana untuk menghentikan mereka di jalur mereka. Pastikan saat Anda membangun tweet Anda, Anda membuat orang ingin mengklik.

Coba gunakan kutipan, statistik, atau pertanyaan yang terkait dengan tautan yang Anda tweeting sebagai cara untuk orang yang ingin membaca lebih lanjut. Menggabungkan foto, polling, GIF, atau bahkan video pendek. (Semua ini sekarang didukung oleh platform!)

Meskipun Twitter adalah cara yang bagus untuk berbagi pemikiran cepat dan menghasilkan lalu lintas ke situs web dan penawaran Anda, penting untuk memastikan Anda juga membangun hubungan dengan pengikut.

Orang-orang mengikuti Anda karena mereka suka apa yang Anda katakan, tetapi sering kali juga terlibat dalam percakapan. Seperti yang Anda lakukan di Facebook, tanyakan dan tanggapi pertanyaan, jawab sebutan dan pesan langsung. Twitter bermanfaat untuk mengarahkan lalu lintas seperti halnya untuk layanan pelanggan.


Dampak Plus

Alat untuk memanfaatkan: Tagar
Hashtags (#) adalah alat utama Anda di Twitter. Tag ini memungkinkan Anda menjangkau audiens yang lebih luas dari sekadar pengikut Anda dengan terlibat dalam percakapan yang ada.

Orang yang mencari informasi tertentu akan sering memeriksa tagar untuk melihat apa yang ada di sana. Lakukan riset tentang apa yang hashtagging pembeli Anda miliki untuk memastikan posting Anda akan ditemukan oleh orang yang tepat.

Panduan gratis kami "Tune Up Your Social Media Marketing" akan mengajarkan Anda semua yang perlu Anda ketahui untuk menguasai Twitter untuk bisnis. Anda bisa mendapatkannya di sini.

LinkedIn

Cara menggunakan LinkedIn untuk pemasaran

LinkedIn berbeda dari outlet media sosial lainnya karena dirancang khusus untuk bisnis dan profesional. Pengguna terutama pergi ke LinkedIn untuk memamerkan pengalaman kerja dan pemikiran profesional mereka, menjadikannya salah satu platform yang lebih penting untuk digunakan bagi mereka yang ada di B2B.

Di antara fitur-fitur seperti LinkedIn Pulse, Halaman Perusahaan, InMail, Grup, dan "Dapatkan Diperkenalkan" dan kemampuan untuk melihat siapa yang melihat profil pribadi Anda, LinkedIn adalah alat yang berharga untuk tidak hanya mengarahkan lalu lintas, tetapi juga mencari calon pelanggan, membangun pemikiran kepemimpinan, serta merekrut.

Alat untuk memanfaatkan: Grup

Ada lebih sedikit percakapan yang terjadi secara langsung di halaman LinkedIn kemudian ada di profil pemasaran media sosial lainnya. Salah satu caranya adalah bergabung dengan grup LinkedIn di mana Anda dapat bertemu orang-orang dari industri yang sama atau dengan minat yang sama, bertanya dan menjawab pertanyaan, dan terlibat dalam percakapan. Ajukan pertanyaan kepada grup untuk membuat percakapan mengalir. Ini cara yang bagus untuk memamerkan keahlian Anda di industri Anda.

Youtube

Perbedaan antara YouTube


YouTube adalah platform berbagi video terkemuka di dunia.

Di saluran Anda, merek Anda dapat berbagi dan mengedit video sendiri, membuat daftar putar, dan diskusi yang cepat.

Sejak dibeli oleh Google pada tahun 2006, YouTube adalah platform lain yang menjadi prioritas dalam hasil pencariannya, jadi manfaatkan itu!

Cara menggunakan YouTube untuk pemasaran
YouTube untuk bisnis Anda adalah cara yang bagus untuk membuat wajah Anda di sana. Video jauh lebih menarik dan dapat dibagikan daripada konten teks dan mereka juga membantu peringkat pencarian Anda di Google.

Saat membuat video untuk masalah kualitas YouTube.

Pastikan ada tujuan dan nilai untuk apa yang Anda unggah dan bagikan. Pastikan juga memperhatikan nilai produksi Anda.

Video dan audio yang Anda unggah harus jernih, jelas, dan mudah dimengerti. Tidak ada kamera yang goyah!

Alat untuk memanfaatkan: Peluang mengajar


YouTube memberi Anda gerbang untuk menjadi pendidik di industri Anda. Unggah webinar atau video yang berbicara tentang topik-topik penting yang memajukan pendidikan audiens Anda.

Pinterest

Perbedaan antara Pintrest


Pinterest adalah salah satu platform pemasaran yang lebih unik dalam daftar ini. Alih-alih memposting konten untuk dibaca audiens Anda, di Pinterest, Anda hanya memposting gambar yang dapat diklik dan teks pendek. Ini adalah platform yang sangat populer untuk merek dengan produk nyata, yaitu merek pakaian dan makanan, restoran, yang ada di eCommerce, dll.

Cara menggunakan Pinterest untuk pemasaran
Pinterest adalah platform yang dangkal, sehingga setiap gambar yang Anda poskan harus berkualitas tinggi dan mencolok untuk menonjol di umpan Anda.

Ketika Anda mulai memposting gambar, pastikan mereka menautkan kembali ke blog atau halaman terkait di situs web Anda. Ketika orang mengklik dari gambar Anda ke situs Anda, mereka ingin melihat atau membaca sesuatu yang terkait dengan gambar yang menarik perhatian mereka.

Setelah Anda mulai memposting, atur Pinterest Anda dengan membaginya menjadi papan. Setiap dewan harus memiliki kategori relatif terhadap berbagai aspek bisnis Anda. Sederhanakan bagi pengikut Anda untuk menemukan apa yang mereka cari.

Pastikan juga teks Anda dioptimalkan kata kunci. Seperti mesin pencari lainnya, Pinterest tidak dapat merangkak gambar. Keterangan ini adalah bagaimana pin Anda akan muncul ketika orang sedang menjelajah.

Alat untuk memanfaatkan: Analisis bisnis

Pinterest menambahkan alat bagi bisnis untuk melacak dengan lebih baik persis pin mana yang berfungsi dan mana yang tidak. Dengan cara ini Anda dapat mengumpulkan data tentang gambar apa yang diklik orang. Setelah Anda tahu apa yang diminati audiens, Anda dapat memastikan untuk menggunakan lebih banyak gambar yang sejalan.